Friday, October 23, 2009

Steak Tempe

Steak Tempe yang satu ini asli pemikiranku, gak nyontek. Aku ingat tahu resepnya steak tempe itu kira-kira 10 tahun yang lalu, itupun yang masak mamiku dan aku gak ikut-ikut sama sekali. Jadi, inilah hasil utak atikku sendiri, kalau ada yang gak jelas jangan ragu untuk nanya ya...

Bahan:
500 gr tempe, kukus dan haluskan
2 siung bawang putih, haluskan
2 sdt garam
3 sdm tepung terigu
2 butir putih telur
mentega untuk memanggang

Saus:
1 sdt all purpose seasoning, pilih yang tidak memakai MSG
1 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air
4 sdm kecap asin
4 sdm kecap manis
5 sdt gula
Sedikit merica
800 ml (4 gelas) air kaldu

Pelengkap:
Kentang goreng
Kembang kol dan wortel rebus

Cara Memasak:

  1. Campur tempe yang telah halus dengan bawang putih, garam, tepung terigu, dan putih telur sampai rata. Jika sudah rata ambil sebagian adonan, bentuk bulat sebesar bola pingpong, lalu pipihkan hingga setebal 1 cm. Perhatikan agar bentuk adonan utuh, tidak pecah-pecah atau tampak retak, sebab ini akan membuat tempe mudah hancur ketika dibalik sewaktu dipanggang.

  2. Panaskan panggangan bergaris-garis, beri mentega, lalu panggang tempe yang telah dibentuk tadi hingga kecoklatan dan matang.

  3. Untuk membuat sausnya, masukkan semua bahan kecuali maizena ke dalam panci, tunggu sampai mendidih, baru masukkan maizenanya. Aduk rata.

  4. Untuk menyajikan, letakkan steak tempe, sayuran rebus, dan kentang goreng di piring, lalu siram dengan saus.

Catatan:

  1. Bila tidak ada all purpose seasoning bisa diganti dengan campuran bawang bombay, bawang putih, paprika, ketumbar, dan lada hitam yang dihaluskan.

  2. Bila tidak ada pemanggang bergaris-garis, bisa diganti dengan wajan anti lengket.

6 comments:

  1. Mbak Maria, resepnya asik2 deh... thanks for sharing yaa :) berguna banget nih, secara anak anak saya picky banget, mana emaknya ini gak bisa masak, lagi. Jadi semangat deh liat resep2nya!

    ReplyDelete
  2. Thanks mbak.. senang mendengarnya ^_^
    Salam kenal ya..

    ReplyDelete
  3. dikasih merica sedikit enak nggak ya ???

    ReplyDelete
  4. Pakai merica lebih enak, ada pedes-pedesnya, apalagi kalau di sausnya dikasi merica hitam, atau kalau ada cabe merah kering bisa juga dimasukkan mbak... aroma dan rasanya bisa lebih enak.

    ReplyDelete
  5. all purpose seasoning itu contohnya apa ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pakai yang merk Jay's Kitchen : http://jayskitchen.com/products_popup.php?id=35 ini produk lokal dari Sidoarjo, Jawa Timur

      Delete