Thursday, October 22, 2009

Klepon

Klepon adalah kue tradsional Jawa. Terbuat dari tepung ketan yang diisi dengan gula jawa. Aku ingat, dulu waktu aku masih kecil, aku pernah bisulan banyak, seingatku ada 3 bisul yang tumbuh bersamaan. Maklumlah.. aku dulu tinggal di kampung padat penduduk dan sedikit kumuh, disana kebersihannya tidak begitu baik, ditambah lagi tetanggaku selisih 3 rumah adalah jagal ayam.. wuih... pokoknya tempat yang subur untuk tumbuhnya kuman, termasuk kuman bisul :D...

Nah, kata orang dulu-dulu, kalau bisulan tuh harus makan klepon. Klepon tuh kalau digigit kan isinya langsung meleleh bahkan tersemprot, nah diharapkan setelah makan klepon bisulnya gitu juga, meletus! Hahaha... kalau sudah meletus kan sembuh.

Lucu juga ya.. waktu aku ceritakan cerita ini pada anakku.. wah dia langsung pasang muka bingung, mungkin pikirnya: kok gak ada hubungan ya??


Bahan Klepon:
500 gr tepung ketan putih
2 cangkir air hangat
3 sdt pewarna makanan
Gula merah cincang untuk isinya
Kelapa parut, dikukus

Cara Membuat:
  1. Campur tepung ketan dan air hangat, uleni sampai menjadi adonan yang bisa dibentuk.
  2. Campurkan pewarna hingga rata.
  3. Ambil sebagian adonan yang kira-kira cukup untuk membuat bulatan dengan diameter 3 cm. Buat bulatan, lalu lubangi dengan jari, isi dengan gula jawa, lalu tutup lagi hingga rapat.
  4. Didihkan air di panci. Kalau sudah mendidih masukkan bulatan klepon ke dalamnya. Biarkan hingga klepon mengambang. Kalau sudah mengambang itu tandanya klepon matang.
  5. Kalau sudah mengambang rebus hingga 4 menit, angkat, masukkan klepon ke dalam kelapa parut, guling-gulingkan sampai rata.
  6. Sajikan jika sudah suhu ruang.

0 comments:

Post a Comment