Sunday, October 18, 2009

Pastel Tutup


Bikin pastel tutup tuh gampang banget... semuanya bisa dikira-kira,, gak perlu persis kayak ukurannya. Karena itu juga, aku gak ngasi ukuran untuk bahan isinya. Kalau punya bahan isi yang lebih menarik, misalnya bayam atau daging cincang dan saus tomat, maka sah-sah saja untuk diisikan kok. Bahkan wadahnya pun bisa macem-macem: gelas, cup aluminium, panci, loyang, bahkan wadah plastik kalau pakai microwave...
selamat bereksperimen...


Bahan kulit:
1 ½ kg kentang, dikukus, kupas, lalu haluskan
2 sdm susu bubuk
1 sdm mentega, bisa dipakai merk roombotter untuk hasil yang wangi dan gurih
gula dan garam secukupnya

Bahan isi:
Wortel, potong dadu kecil
Doperten
Ayam, potong kecil-kecil
Soun
Jamur kuping, potong kecil-kecil
200 ml susu cair
Merica, garam, dan gula secukupnya sesuai selera

Cara membuat:
1.Buat isinya: tumis ayam dengan sedikit mentega sampai matang, masukkan wortel, doperten, dan jamur kuping, masak sampai wortel matang. Beri merica, garam dan gula, aduk rata, lalu masukkan soun, masak sampai soun matang dan sedikit lembek. Terakhir masukkan susu. Aduk rata dan biarkan hingga mendidih sebentar, lalu angkat dan dinginkan.
2.Buat kulitnya: campur semua bahan kulit sampai rata
3.Letakkan di pyrex atau loyang, ratakan setebal kira-kira setengah sentimeter di seluruh bagian loyang. Lalu tuang bahan isi ke dalamnya.
4.Giling bahan kulit yang tersisa hingga menjadi setebal setengah sentimeter, lalu letakkan di atas loyang (happy call bisa dianggap sebagai loyang) sebagai penutup isi. Hiasi atasnya dengan garpu hingga terbentuk garis-garis yang cantik. Lalu panggang hingga berwarna kecoklatan.

0 comments:

Post a Comment