Tuesday, June 22, 2010

Cakwee


Bahan :
  • 500 gr tepung terigu
  • 1 sdt ragi instan
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt soda kue
  • 1 sdm bawang putih, tumbuk halus
  • 2 sdt garam
  • 300 ml air

Cara Membuat :

  1. Campur semua bahan kering hingga rata.
  2. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis. Diamkan hingga mengembang, kurang lebih 3 jam. Tutup dengan kain.
  3. Panaskan banyak minyak di wajan.
  4. Ambil sedikit adonan, bentuk panjang sebesar jari telunjuk. Buat sebanyak 2 buah, lalu susun kedua adonan tersebut atas dan bawah, tengahnya dipenyet dengan sumpit. Lalu goreng hingga matang kecoklatan. Jangan lupa untuk membalik-balik cakwee di wajan agar tidak gosong satu sisinya

Tuesday, May 18, 2010

Sambal Tumpang & Teri Goreng Tepung


Sambel tumpang ini resepnya aku dapat dari mbak Duhita, tapi aku modifikasi sesuai selera. Temannya, si teri goreng tepung... wow enak banget... kombinasi huh-hah dan kriuknya mantaps! :D

Sambel Tumpang
Bahan :
  • Tempe (resep aslinya tempe kemarin, tapi aku pakai tempe hari ini, gak sabar nunggu besok :P)
  • 3 buah cabe merah (terserah kalau mau lebih)
  • 4 bh cabe rawit (mbak Duhita pakai 2)
  • 2 siung bawang putih
  • 3 bawang merah
  • 1 lembar daun salam
  • 1 lembar daun jeruk
  • 1 cm kencur
  • 1 cm laos
  • 1 butir kemiri
  • 400 ml santan
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdm gula
Caranya :
Rebus semua bahan kira-kira 15 menit. Tiriskan, lalu uleg, kalau aku lebih suka agak kasar-kasar daripada halus. Lalu masukkan kembali ke dalam santan, rebus sebentar saja, tidak sampai 5 menit, lalu siap dihidangkan dengan nasi hangat. (kalau resep mbak Duhita: bahan direbus pakai air, diuleg, terus disiram santan matang)

Gampang kan, silakan dicoba ^_^

note: kalo gak salah sambal tumpang ini dari Kediri

Sunday, March 21, 2010

Gorengan Krispi

Kalau mbayangin gorengan ini dalamnya daging ayam atau udang, wah salah besar. Asalnya memang pingin bikin ayam krispi, tapi karena gak ada ayam, sooo... aku pakai : kentang dan telur rebus... hehehe... enak dweh! Gak kalah sama ayam, malah bisa jadi camilan yang gak perlu dimakan sama nasi. Disini aku share resep tepung krispinya ya... oiya, krispi dan gurihnya tahan sampai 4 jam lo... lumayan kan buat bekal piknik

Siapkan 1 butir telur di mangkuk, kocok sebentar, lalu tambahkan 200 ml susu, kocok rata.
Masukkan 250 gr tepung terigu di dalam mangkuk lain, tambahkan 1 sdm tepung beras, 1 sdt garam, 2 sdt lada bubuk (atau sesuai selera), 1 sdt bawang putih bubuk, sedikit (1/8 sdt) baking powder, aduk rata.

Panaskan minyak goreng secukupnya (kira2 sampai kentang/telur bisa tenggelam dalam minyak goreng).
Celupkan telur/kentang dalam adonan telur-susu, gulingkan di adonan tepung, ulangi proses ini sampai 2-3 kali lalu goreng dalam minyak panas sampai kuning kecoklatan. Kalau sudah matang angkat, tiriskan atau hisap kelebihan minyaknya dengan tisu dapur/kertas.

Makannya dicocol mayonaise lebih siiiipp... selamat berpiknik (jadi pingin piknik ke Purwodadi neee....)

Wednesday, January 27, 2010

Nasi Sayur (Pak Jo) Ala Cook Mary

Aaa.. siapa sih orang Surabaya yang gak kenal nasi sayur Pak Jo? Khususnya pelajar dan mahasiswa tahun 90-an... iyaaa... ini salah satu makanan khas Surabaya. Aku bisa bilang gini karena di semua kota yang pernah aku kunjungi (bahkan aku tinggali saat ini) tidak pernah kujumpai warung nasi sayur seperti ini. Nasi sayur ini adalah salah satu menu favorit keluarga. Dalam setiap kunjungan ke Surabaya selalu kuusahakan untuk mampir di warung Pak Jo.

Naaa... kali ini aku mencoba membuatnya sendiri, tapi memang ada bedanya siy... bedanya: udangnya aku banyakin, aku gak pakai mie karena sedang tidak ada mie di rumah, aku gak pake cabe merah karena anakku gak doyan pedes. Trus makannya aku kombinasi dengan tempe goreng gurih dan kerupuk samiler (kerupuk dari bahan singkong yang diberi bumbu pedas). Buat yang ingin coba bikin, niy resepnya:

Bahan:
200 gr daging udang, cincang
10 butir kemiri, cincang kasar
10 butir bawang merah, kupas
10 butir bawang putih, kupas
3 sdt garam
1 sdm gula
1 sdm kecap manis
4 ikat sawi
1 cangkir minyak goreng

Cara Memasak:
1. Tumis bawang merah, bawang putih, dan kemiri hingga harum. Lalu haluskan.
2. Tumis lagi bumbu halus tadi dengan udang, tambahkan kecap manis, garam, dan gula. Masak sampai udang matang. Bumbu tumisan ini bisa disimpan, dan kalau akan makan baru dimasak lagi bersama sawi.
3. Panaskan bumbu udang tadi, masukkan sawi, lalu tumis sampai sawi layu.
4. Siapkan nasi putih di piring, tuang sawi yang telah matang di atas nasi putih. Jika suka pedas bisa ditambahkan irisan cabe rawit.

Bahan-bahan ini bisa untuk 6 porsi besar