Wednesday, January 27, 2010

Nasi Sayur (Pak Jo) Ala Cook Mary

Aaa.. siapa sih orang Surabaya yang gak kenal nasi sayur Pak Jo? Khususnya pelajar dan mahasiswa tahun 90-an... iyaaa... ini salah satu makanan khas Surabaya. Aku bisa bilang gini karena di semua kota yang pernah aku kunjungi (bahkan aku tinggali saat ini) tidak pernah kujumpai warung nasi sayur seperti ini. Nasi sayur ini adalah salah satu menu favorit keluarga. Dalam setiap kunjungan ke Surabaya selalu kuusahakan untuk mampir di warung Pak Jo.

Naaa... kali ini aku mencoba membuatnya sendiri, tapi memang ada bedanya siy... bedanya: udangnya aku banyakin, aku gak pakai mie karena sedang tidak ada mie di rumah, aku gak pake cabe merah karena anakku gak doyan pedes. Trus makannya aku kombinasi dengan tempe goreng gurih dan kerupuk samiler (kerupuk dari bahan singkong yang diberi bumbu pedas). Buat yang ingin coba bikin, niy resepnya:

Bahan:
200 gr daging udang, cincang
10 butir kemiri, cincang kasar
10 butir bawang merah, kupas
10 butir bawang putih, kupas
3 sdt garam
1 sdm gula
1 sdm kecap manis
4 ikat sawi
1 cangkir minyak goreng

Cara Memasak:
1. Tumis bawang merah, bawang putih, dan kemiri hingga harum. Lalu haluskan.
2. Tumis lagi bumbu halus tadi dengan udang, tambahkan kecap manis, garam, dan gula. Masak sampai udang matang. Bumbu tumisan ini bisa disimpan, dan kalau akan makan baru dimasak lagi bersama sawi.
3. Panaskan bumbu udang tadi, masukkan sawi, lalu tumis sampai sawi layu.
4. Siapkan nasi putih di piring, tuang sawi yang telah matang di atas nasi putih. Jika suka pedas bisa ditambahkan irisan cabe rawit.

Bahan-bahan ini bisa untuk 6 porsi besar

0 comments:

Post a Comment