Thursday, June 21, 2018

Cake Coklat Kukus Lumer


Cake ini... lumeeeeer... dan yang terutama: gampang dibuatnya! Telurnya aja gak perlu dikocok sampai ngembang. Kocok kayak bikin telur dadar aja... pakai garpu! Hehehe...

Trus, adonannya cair, gak kental. Istimewanya: bisa dikukus, bisa juga dioven. Sehingga gak diperlukan keahlian atau alat ala tukang kue untuk bikin kue ini.

Bahan A:
200 ml susu cair (bisa dibuat dari susu bubuk anak, atau susu UHT. Tapi jangan dari SKM ya.. karena hasil kuenya akan terlalu manis)
150 gr gula halus (bia dibuat dari gula pasir yang diblender)
170 gr mentega
1/4 sdt vanili bubuk (kalau gak punya bisa di skip)
2 butir telur, kocok sebentar pakai garpu sampai putih dan kuning tercampur

Bahan B:
60 gr coklat bubuk
110 gr tepung terigu (apapun jenisnya... hehehe...)
1 sdt baking soda

Cara membuat:
1. Panaskan oven/kukusan. Jika pakai kukusan, lapisi tutup kukusan dengan serbet/kain yang bisa menyerap air dengan baik supaya uap air dari tutup tidak menetes ke adonan. Olesi loyang dengan mentega. Saya pakai loyang segiempat ukuran 24x24 cm. Bisa juga pakai loyang cupcakes atau loyang bundar.
2. Masak di api kecil: susu cair, gula halus, mentega, vanili, sambil diaduk-aduk hingga gula dan mentega larut. Lalu angkat dari api, dinginkan di suhu ruang.
2. Campur bahan B, aduk rata.
3. Jika sudah bersuhu ruang, masukkan telur, ke dalam larutan mentega-susu aduk rata dengan sendok.
4. Campur adonan A dan B sedikit demi sedikit sampai rata. Jangan diaduk terlalu lama, aduk sampai tercampur saja. Aduk pakai sendok. Tekstur adonan adalah cair, tidak kental. Lalu masukkan adonan ke dalam loyang, dan mulai dikukus/oven.
Kalau pakai kukusan: kukus selama 45 menit
Kalau pakai oven: panggang selama 30 menit dengan suhu 170C

Jika sudah matang, dinginkan dulu lalu diberi topping

Bahan topping (optional, boleh di-skip atau diganti):
150 gr dark cooking chocolat
2 sdm mentega tawar

Cara membuat topping:
Campur DCC dan mentega tawar dalam mangkok logam. Lelehkan campuran ini dengan di-tim. Lalu letakkan di atas kue, tunggu hingga agak mengeras, barulah bisa mulai memotong-motong cake.

0 comments:

Post a Comment