Friday, May 25, 2018

Homemade Waffles Dengan Cetakan Silikon


Siapa sih yang gak suka waffles? Apalagi kalau dikasi topping es krim... wuih... gurih, segar, dingin, manis, enaaaaak... bikin mood yang berantakan jadi tertata indah kembali ^_^

Sebulan lalu aku membeli cetakan waffles berbahan silikon, tapi baru kali ini berani eksekusi. Soalnya setahuku, ada cetakan khusus untuk waffles yang langsung pakai listrik sehingga adonan langsung bersentuhan dengan panas. Sedangkan kalau pakai cetakan silikon, adonan gak bersentuhan langsung dengan panas. Di sini bedanya, kalau bersentuhan langsung, panasnya maksimal.



Ini yang bikin aku takut pakai resep sembarangan, apalagi kalau yang bikin resep pakai cetakan waffles yang listrik. Baru sekitar tiga hari lalu aku nemukan resep yang pakai cetakan silikon! Ternyata ada trik khusus. Langsung aja ya... ini resepnya:

Bahan:
110 gr mentega, lelehkan
3 butir telur, kocok dengan whisk
410 ml susu plain
240 gr tepung terigu
4 sdm gula pasir (aku pakai 2 sdm, karena gak begitu suka manis)
2 sdt baking powder
1/2 sdt garam

Topping:
Suka-suka, bisa es krim, aneka buah, mentega, sirup maple, selai, sosis, atau ham.

Cara Membuat:
Nyalakan oven pada suhu 200 derajat C.

Campur telur yang telah dikocok dengan mentega cair dan susu, aduk hingga rata. Masukkan tepung terigu, gula pasir, baking powder, dan garam. Aduk dengan whisk hingga rata dan tidak ada adonan yang menggumpal.

Letakkan cetakan silikon di atas rak oven (lakukan ini diluar oven). Masukkan adonan ke dalam cetakan, semua tonjolan cetakan harus tertutup, tapi tinggi adonan tidak penuh di tepi cetakan. Oven sekitar 5 menit, lalu keluarkan waffles dari cetakan, pindahkan ke loyang kue kering dengan posisi yang berpola menghadap ke atas. Lalu oven lagi sampai bagian atas waffles kecoklatan dan kering. Keluarkan dari oven, pindahkan ke piring saji.

Lakukan ini berulang sampai adonan habis.

Jika memakai topping es krim, letakkan topping di atas waffles yang telah dingin. Untuk topping yang lain bisa diberikan ketika waffles masih hangat.

0 comments:

Post a Comment