Wednesday, October 8, 2014

Pastel Tutup


Masakan ini tetap jadi favorit saya untuk penggoda selera buat anak yang sedang sakit. Aman karena gak pakai goreng-menggoreng, dan anti mual karena tanpa nasi... hehehe... anak saya tidak terlalu suka makan nasi.

Dulu saya malas masak pastel tutup karena berat nguleg kentangnya, tapi sejak punya alu dan tumbukan, saya jadi suka bikin ini, tidak perlu tenaga besar kalau pakai alu.

Bahan :
1 kg kentang, kukus, haluskan. Oiya, saya tidak kupas kulit kentangnya, sengaja saya sertakan untuk menambah serat.
150 ml susu cair plain
1 butir telur kocok rata
50 gr keju parut
5 buah wortel yang sedang besarnya, potong dadu
4 lembar smoke beef, potong kotak
1 bungkus kecil soun, rendam dalam air dingin
Garam secukupnya
Merica secukupnya
1 sdt gula pasir
Minyak goreng untuk menumis
100 ml air

Cara Memasak :
1. Campur rata kentang, susu, dan telur, sisihkan.
2. Panaskan minyak, tumis smoke beef hingga sebentar saja, masukkan wortel, garam, merica, gula, beri air, aduk rata. Aduk-aduk terus hingga wortel matang dan air berkurang. Masukkan soun.
3. Tuang adonan isi ke dalam pinggan tahan panas, ratakan permukaannya.
4. Masukkan adonan kentang ke atas adonan isi, ratakan dengan garpu, taburi dengan keju parut.
5. Panggang selama 30 menit.

Bisa dihidangkan dengan saus sambal atau saus tomat.

0 comments:

Post a Comment